-->

Ramuan Agar Bulu Burung Mabung Cepat Ambrol

Bulu burung yang sudah terlihat kusam dan kusut biasanya menjadi tanda bahwa burung tersebut akan mengalami masa mabung atau berganti bulu baru. Namun terkadang ada banyak burung yang meskipun sudah mengalami tanda-tanda mabung tidak juga ambrol bulu-bulunya.

mempercepat ambrol bulu burung yang mabung

Tentu dengan kondisi seperti itu, bulu burung menjadi tidak indah untuk dilihat dan juga biasanya akan membuat burung tidak gacor seperti biasanya. Untuk mengatasi burung mabung yang susah ambrol bulunya, kali ini SuaraBurungs akan berbagi tips yang kami peroleh dari forum KMI.

Untuk mempercepat ambrol bulu burung cukup menggunakan ramuan tradisional yang bahan-bahannya sangat mudah didapatkan yaitu menggunakan Jahe dan Batang Serai. Berikut cara membuatnya:

  1. Geprek/tumbuk jahe dan serai
  2. Rebus dengan air hingga mendidih
  3. Dinginkan dan kemudian ambil air rebusan jahe dan serai tersebut
Cara menggunakannya:
Masukan air rebusan jahe kedalam tempat wadah minum. Berikan kepada burung setiap hari sekali (jika air dalam satu hari sudah habis, ganti dengan air minum biasa). Pemberian selama 3 hari berturut-turut atau sampai burung sudah banyak yang ambrol bulu-bulunya. Selama proses pemberian ramuan tersebut, burung harus tetap dikerodong siang dan malam.

Cara lain untuk mempercepat ambrol bulu burung yang mabung adalah dengan menaruh beberapa batang serai didasar kandang. Cara ini juga banyak digunakan oleh para kicau mania untuk mempercepat proses mabung pada burung berkicau.

Selama proses mabung, alangkah baiknya juga diperdengarkan suara master burung. Bagi Anda yang belum mempunyai suara masteran untuk burung dapat didownload pada link berikut: https://goo.gl/QytuiU dan https://goo.gl/DgK85u

Itulah cara bagaimana agar bulu burung mabung cepat ambrol. Semoga bermanfaat bagi para kicau mania semuanya.

Ramuan Agar Bulu Burung Mabung Cepat Ambrol