-->

Mengenal Garis Keturunan Kenari F1

kenari-merah-f1

Sebagai pecinta burung kenari ada baiknya harus mengetahui Istilah nama Kenari F1. Tidak sedikit yang masih bingung dengan istilah tersebut khususnya penggemar burung kenari yang masih baru.
Kenari F1, merupakan jenis kenari dari hasil persilangan berbeda jenis. Contohnya, apabila kenari yorkshire murni kemudian dikawinkan dengan kenari Holland maka anakannya disebut sebagai Kenari F1 (Filial Pertama) dari kenari yorkshire atau bisa juga disebut dengan F1 kenari Holland tersebut.

Lalu, jika kenari F1 disilangkan dengan kenari murni maka anakannya dinamai dengan F2 (Filial Kedua). Begitu juga jika kenari F2 disilangkan dengan kenari murni maka keturunannya dinamakan dengan F3, dan seterusnya. Jika sudah pada keturunan F5 sampai F6 maka bisa dinamakan dengan final strain.

kenari-silang-f1-diagram

Bentuk tubuh besar maupun kecil dari keturunan kenari tidak mempengaruhi nama, karena bentuk tubuh terbentuk tergantung dari indukkannya.

Lalu bagaimana kemiripan keturunan hasil persilangan kenari? berikut kami berikan contoh:

F1 Yorkshire
Jenis ini merupakan keturunan dari kenari yorkshire murni yang dikawinkan dengan kenari jenis lain (lokal, waterslager,  Lizard, dll). F1 Yorkshire akan memiki kemiripan sifat 50% dengan kenari yorkshire (postur, size & ciri lainnya).
F2 Yorkshire
Persilangan antara F1 Yorkshire dengan kenari yorkshire murni akan menghasilkan keturunan F2. Hasil dari persilangan ini akan memiki kemiripan sifat 75% dengan kenari yorkshire (postur, size & ciri lainnya).
F3 Yorkshire
Hasil silang kenari F2 Yorkshire dengan kenari murni akan mendapatkan kenari F3. Kenari ini akan memiki kemiripan sifat 88% dengan kenari yorkshire (postur, size & ciri lainnya).
F4 Yorkshire
Kenari murni disilangkan dengan Kenari F3 akan menghasilkan F4. Hasil keturunan ini akan memiki kemiripan sifat 94% dengan kenari yorkshire (postur, size & ciri lainnya).

ciri-sifat-hasil-silang-kenari-f1

Jadi jika semakin besar angka dibelakang F maka hasil keturunan akan memiliki ciri/sifat yang mirip dengan kenari Yorkshire murni.

Itulah sedikit uraian tentang garis keturunan kenari, kenapa dinamakan Kenari F1 hingga F6. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi anda. Ada baiknya anda juga melihat artikel berbagai jenis Suara Kenari.

5de6a3b5dfc9a518af401d9642288826f6e880f45949a3b5657a4c41d260c7a720bf493208031f77

Mengenal Garis Keturunan Kenari F1